PRINSIP KELISTRIKAN DAN SISTEM INSTALASI LISTRIK

 

BAB II Prinsip Kelisrikan dan Sistem Instalasi Listrik

Assalamualaikum sahabat ulat semuanya, pembahasan selanjutnya pada materi mata pelajaran prakarya kelas IX kurikulum 2013 dengan buku paket edisi revisi 2018, kali ini materinya adalah PRINSIP KELISTRIKAN DAN SISTEM INSTALASI LISTRIK. Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar yang akan kita pelajari yaitu sebagai  berikut

KI dan KD Prinsip Kelistrikan dan sistem instalasi listrik 


Sebelum kita mulai perhatikan peta materi dibawah ini
Peta Materi Prinsip Kelistrikan dan sistem instalasi listrik

dan lebih lanjut kita juga harus memperhatikan tujuan pembelajaran pada materi Prinsip Kelistrikan dan sistem instalasi listrik adalah sebagai berikut:

1. Menghargai keberagaman pembangkit listrik di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.

2. Mengidentifi kasi bahan alam, alat, teknik, dan proses pembuatan model bangunan instalasi listrik dengan teknologi konstruksi dan Model sederhana rangkaian instalasi listrik di daerah setempat dan daerah lain.

3. Merancang pembuatan model instalasi listrik rumah tangga dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab.

4. Membuat, menguji, dan mempresentasikan model instalasi listrik di daerah setempat dan daerah lain dengan disiplin dan tanggung jawab.


Setelah mengetahui semua yuk kita mulai dan jangan lupa materi ini ada pada halaman 50 s/d 76 pada buku paket prakarya kelas IX edisi revisi 2018 kurikulum 2013.

A. Wawasan kelistrikan
1. Pengertian
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Ada dua jenis muatan listrik yaitu muatan listrik negatif dan positif. Suatu benda bermuatan negatif jika kelebihan elektron dan jika positif maka kekuranagn elektron, dansecara alami listrik yang bermuatan positif akan selalu mengalir dari potensial muatan tinggi kepada muatan potensial yang lebih rendah. Alairan ini disebut arah arus listrik konvensional.
2. Jenis dan manfaat
Arus Listrik dibagi menjadi dua jenis yaitu;
1) Listrik arus searah atau DC (direct current) adalah arus listrik yang arahnya tetap
2) Listrik Bolakbalik atau AC (Alternating Current) adalah arus listrik yang besar dan arahnya selalu berubah-ubah.

Satuan SI untuk listrik dikenal dengan Ampere (A). Dalam listrik, muatan menghasilkan medan magnet elektromagnetik yang dilakukan ke muatan lainya. Listrik muncul akibat adanya beberapa tipe fisika;
1) Muatan listrik; sifat beberapa partikel subatomik yang menentukan interakti elektromagnetik. Substansi yang bermuatan listrik mengfhasilkan dan dipngaruhi oleh medan elektromagnetik.
2) Medan listrik; tipe medan elektromagnetik sederhana yang dihasilkan oleh muatan listrik ketika diam (maka tidak ada arus listrik). Medan listrik menghasilkan gaya ke muatan lainya.
3) Potensial listrik; kapasitas medan listrik untuk melakukan kerja pada bauah muatan listrik, biasa diukur dalam volt
4) Arsu listrik; perpindahan atau aliran partikel bermuatan listrik, biasa diukur dalam ampere.
5) Elektromagnet; muatan berpindah menghasilkan medan magnet, arus listrik menghasilkan medan magnet dan perubahan medan magnet menghasilkan arus listrik.

Dengan adanya listrik tentunya akan adanya penerangan, tetapi bukan hanya itu saja manfaat listrik. manfaatnya juga antara lain;
1) Listrik menjadi sumber energi
2) Pada teknik elektro digunakan untuk menghidupkanperalatan elektronik yang berhubungan dengan komponen listrik seperti dioda, transistor,tabung vakum.
3) Penggunaaanya sudah mencakup kesegala bidang sperti transportasi, pemanasan, penerangan, telekomunikasi, dan komputasi. 

B. Instalasi Listrik Rumah Tangga
 Instalasi lsitrik merupakan suatu rangkaian yang menghasilkan sebuah aliran listrik, bisa berupa sebuah lampu ataupun sebuah sumber listrik. Instalasi listrik terdiri dari sebuah sakelar, stopkontak, dan lampu sederhana.
1. Komponen Instalasi Listrik
Komponen listrik yang sudah sering dikenal yaitu sakelar, stopkontak, steker, sekering, dll supaya lebih banyak berikutnya adalah 
a) Bargainser

Gb. Bagainser


berfungsi sebagai pembatas daya dan juga sebagai pengukur daya lsitrik yang ada dirumah. adapun batasan daya dari PLN 220 VA, 450VA, 900VA, 1300VA, 2200VA. Ada 3 bagian utama bargainser;
1) MCB (miniatur circuit breaker) berfungsi untuk memutuskan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi nilai batasannya. MCB bersifat on/off juga berfungsi sebagai sakelar utama dirumah.
MCB

2) Meter listrik/Kwh meter berfungsi sebagai pengukur besaran daya yang digunakan di rumah.
3) Spin control; berfungsi sebagai alat kontrol penggunaan dayadalam rumah tinggal dan akan selalu berputar jika ada daya.
4) pada kanal output bargainser terdapat 3 kabel kabel fasa, ground, netral. 

b) Pengaman Listrik
Terdapat 2 jenis pengaman lisitrik rumah tinggal yaitu;
1) Sekering/pengaman lebur biasa; alat ini bekerja memutuskan rangkain listrik dengan cara melebur kawat yang ditempatkan pada tabung.
Macam2 Sekering


2) Pengaman listrik thermos/MCB; alat pengaman yang memutus rangkaian listrik berdasarkan panas.

c) Sakelar
Berfungsi sebagai penyambung atau menyambungkan/memutuskan aliran istrik pada suatu pengahantar.
berdasarkan besaran tegangannya.
1) Sakelar in-bow; ditanam didalam tembok
sakelar in-bow/sakelar tunggal


2) Sakelar out-bow ditempel pada tembok
sakelar out-bow
Berdasarkan fungsinya ada 2 yaitu;
1) Sakelar on/off
2) Sakelar push-on/off
sakelar push on

 
Berdasarkan perunitnya dibedakan menjadi 2 jenis yaitu
1) Sakelar Tunggal
2) Sakelar majemuk
sakelar tunggal dan majemuk

d) Stop Kontak
Biasa juga disebut outlet berfungsi sebagai muara hubungan antara alat listrik dengan aliran listrik. 
Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2 yaitu;
1) Stop kontak kecil
2) Stop kontak besar
Stop kontak/in-bow

Berdasarkan tempat pemasangannya ada 2 yaitu;
1) Stop kontak in-bow
2) Stop kontak out-bow
Stop Kontak out-bow

e) Steker
disebut juga colokan listrik, yang merupakan kanal penghubung pada stop kontak. Berdasarkan fungsi dan bentuknya dibagi menjadi 2 yaitu;
1) Steker kecil
Steker kecil


2) Steker Besar
Steker kecil

f) Kabel
Kabel berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber-sumber beban listrik atau alat-alat listrik. Instalasi dirumah tingal dibedakan menajdi 4 yaitu;
1) NYA,
Kabel NYA


2) NYM,
Kabel NYM


3) NYY,
Kabel NYY


4) NYMHYO, 
Kabel NYMHYO

Demikian materi tentang PRINSIP KELISTRIKAN DAN SISTEM INSTALASI LISTRIK mata pelajaran Prakarya kelas 9. Semoga bermanfaat.
Salam Ulat

Posting Komentar

0 Komentar

Penayangan bulan lalu

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Hanya Ada satu Ulat yang bermanfaat dan bersahabat yaitu Sahabat Ulat>>>Stay Safe, Keep Clean,Social Distancing, Fight Covid-19